• put your amazing slogan here!

    Peneliti Telusuri Kematian Manusia Purba Berusia 5.300 Tahun


    detail berita
    (Foto: Softpedia)
    WINA - Manusia purba (Iceman) bernama Otzi ditemukan di wilayah pegunungan Alps Austria-Italia pada 1991. Fosil atau mumi manusia purba ini kemudian diteliti melalui serangkaian tes dan penelitian untuk mengungkap penyebab kematiannya.

    Dilansir Softpedia, Kamis (11/4/2013), dalam penelitiannya, tim peneliti tertarik untuk menganalisis bagian gigi manusia purba tersebut. Selain menemukan gigi berlubang dan beberapa abrasi atau luka, gigi Iceman ini kabarnya dipengaruhi oleh trauma mekanik di beberapa titik.

    Trauma mekanik ini tampaknya menyebabkan kerusakan hanya di bagian depan gigi Otzi. Peneliti menduga adanya unsur kecelakaan yang menimbulkan kerusakan gigi depan manusia purba berusia sekira 5.300 tahun lalu ini.

    Menurut RedOrbit, ahli gigi Roger Seiler menggunakan data tomografi komputer untuk memeriksa gigi manusia prasejarah ini. Roger menyimpulkan bahwa Otzi ini menderita periodontitis.

    Periodontitis merupakan kondisi di mana jaringan ditemukan di sekitar gigi Iceman yang mengalami pembengkakan atau hilang sama sekali. "Hilangnya periodonsium merupakan penyakit yang sangat umum, seperti penemuan tengkorak Zaman Batu serta pada pemeriksaan mumi Mesir," jelas Roger.

    Menurutnya, kondisi yang dialami Otzi ini bisa memberikan pengetahuan bagi peneliti untuk mengetahui tahap awal bagi penyakit ini. Para ahli yang memeriksa fosil manusia purba ini juga menduga bahwa kondisi buruk ini mempengaruhi pola makan Otzi, yang kemungkinan diduga menjadi salah satu penyebab kematiannya. (fmh)

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Blogger news

    About

    saya

    Blogroll