• put your amazing slogan here!

    Kaisar dan Penunggang Kuda


    penungang kuda
    Penunggang Kuda, judul asli photo ilustrasi horseman from sky by jihadprincess
    Ada seorang Kaisar berkata kepada penunggang kuda yang selama ini setia mengabdi kepadanya, bahwa apabila ia bisa mengendarai kudanya dan bisa menjangkau wilayah sebanyak yang ia mampu, maka sang Kaisar akan memberikan wilayah tersebut.
    Mendapat tawaran seperti itu, tentu saja sang penunggang kuda segera melompat naik ke atas kudanya dan secepat mungkin pergi melakukannya. Dia terus memacu dan memacu, mencambuk kudanya dengan penuh semangat. Ketika ia merasa lapar atau lelah, dia tidak berhenti karena dia sangat ingin memperoleh wilayah seluas mungkin.
    Pada akhirnya, saat ia telah menjangkau wilayah yang cukup besar, ia kelelahan dan sekarat. Sang penunggang kuda lalu bertanya kepada dirinya sendiri, “Mengapa aku memaksa diriku begitu keras untuk menjangkau begitu banyak wilayah? Sekarang aku sekarat dan aku hanya memerlukan sebidang tanah yang sangat kecil untuk menguburkan diriku sendiri.”
    Pesan moral kisah diatas sama dengan perjalanan hidup kita. Tiap hari kita memaksa diri dengan keras untuk mengumpulkan uang, kekuasaan atau menjadi tenar (money, power or fame). Kita seringkali mengabaikan kesehatan, waktu bersilaturahim bersama keluarga, sahabat, lingkungan sekitar dan hobi yang kita sukai.
    Saat kita melihat ke belakang, kita menyadari bahwa sebenarnya kita tak membutuhkan sebanyak itu, namun kita tak bisa mengembalikan waktu yang terlewatkan. Ternyata hidup ini bukan hanya bekerja menghasilkan uang, mendapatkan kekuasaan atau ketenaran.
    Bekerja diperlukan untuk bertahan hidup dan agar dapat menikmati keindahan dan kebahagiaan dalam kehidupan, juga agar kita bisa menjadi dan membagi berkat dengan orang lain.
    Hidup adalah keseimbangan antara bekerja dan bermain, untuk keluarga, sahabat dan waktu pribadi. Dan yang terpenting adalah memiliki hubungan pribadi dengan Allah SWT. Kita harus memutuskan bagaimana caranya menyeimbangkan hidup!


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Blogger news

    About

    saya

    Blogroll